Minggu, 20 September 2009

Ketupat (R)

LEBARANNNNN

He3x senengnya lebaran telah tiba. seneng bercampur sedih karena harus ninggalin ramadhan. Lebaran kali ini spt lebaran2x std lainnya, dimana pembantu plang kampung, n gue juga pulkam ke rumah ortu (meskipun tiap weekend gue jga pulkam). Suasananya nggak berbeda dari tahun ke tahun,masih dengan kesibukan sebagai upik abu yang harus ngepel, nyuci piring, bantuin nyokap masak, kerusuhan pagi2x karena harus bangun n brkt shalat bareng diteruskan dengan salam2xan minta maaf dan ditutup dengan KETUPAT + OPOR AYAM.


Kerusuhan pagi hari akhirnya sekarang dah selesai. Yup lebaran di rumah gue emang gak lama, karena siangnya kakak2x gue berhamburan ke mertua masing2x.

Sebelum nulis ini, sempet chatting ma seorang teman di belahan dunia lain dimana dia masih malam takbiran. gue sempet nanya, "Ada ketupat gak disana?". Katanya sih ada cuman dalam bentuk terbungkus plastik. bentuk ketupat yang khas seperti wajik gak bisa dijumpai di negeri paman sam. Bahkan sewaktu gue tnggal di negeri seberang yang mengklaim "Unique" pun tidak ada ketupat, yang ada masak beras dalam plastik. Entahlah kalo di negera tetangganya lagi yang kemaren2x sering meng klaim kebudayaan Indonesia.

Sambil makan ketupat, gue pikir hebat juga yah si penemu ketupat ini. kebayang nggak kalo bentuk ketupat itu di patenin, dan setiap orang yang buat ketupat harus bayar royalti ke dia. Dijamin tuh orang pasti dah kuaya setengah mati karena hampir setiap rumah di indonesia makannya sama, ketupat. Lauknya sih bervariasi yah tergantung daerahnya masing2x. Yang standard mungkin adalah opor ayam. tambahannya bisa macem2x, ada yang sambel goreng daging, sambel goreng ati, ada juga yang semur ataupun rendang, dll.

Setelah orang indonesia kebakaran jenggot karena klaim negara tetangga atas kebudayaan indonesia, pernahkah terpikir untuk mempatenkan Ketupat ?

1 komentar:

  1. ayooo buru2 deh dipetenin, jgn sampe di klaim lg...eh elo mau dipatenin jg? :)

    BalasHapus