Sabtu, 22 Agustus 2009

Ribut2x Tari Pendet Malaysia

Belum lama ada orang2x indonesia pada kebakaran jenggot karena katanya Reog n Batik di klaim budaya malaysia. Sekarang kayaknya kejadian berulang dengan Tari Pendet di klaim sebagai budaya malaysia. Banyak banget orang indonesia yg ngerasa harga dirinya diinjek2x, bahkan memaki2x org2x malaysia. Ada pula yg ngajak utk boikot orang malaysia, terus ada lagi yang buat cause2x di fb yang mengutuk malaysia atas hal ini.

Disini gue berusaha untuk tidak menyalahkan siapa pun. Kenapa ? reaksi gue mungkin nggak sama dengan beberapa temen lainnya yang langsung benci malaysia karena mengklaim itu budaya mereka. Kenapa ? jujur aja, seumur hidup gue belom pernah nonton reog secara disengaja, tari pendet pun baru satu kali, liburan pertama kali ke bali yang entah udah berapa puluh tahun y.l. Pelajaran di SD hanya mengajarkan kalo tari pendet itu dari bali, reog itu dari jawa timur. That’s it... tanpa gue tau, tari pendet itu sebenernya tentang apa. Dari tahun berapa. N gimana gerakannya. Sama halnya dengan reog. Gue cuman tahu kalo itu pake bulu2 merak yang kelihatannya berat banget. Kalaupun gue ngeliat, itu juga krena nggak sengaja lewat...

Ketika beberapa temen merasa marah dengan kelakuan malaysia yang mengklaim hal tersebut, gue jadi mikir.. apa yah yg gue tau tentang reog dan pendet ? apa pantes yah gue marah kalo orang lain mengklaim hal ini.

Terus pertanyaan berikutnya bergulir..


  • orang2x Indonesia yang mengutuk malaysia karena mengklaim hasil budaya tersebut, apakah mereka pernah nonton dengan sengaja tari pendet dan reog ?

  • apakah mereka tahu tari pendet itu asalnya bagaimana, dan sudah melalui berapa tranformasi ?

  • apakah mereka rela menukar tiket nonton konser musisi international nya dengan tiket menonton Tari Pendet ato Reog ?

  • Apakah mereka rela menukar tiket murah Air Asia tujuan Singapore nya dengan tiket promosi Garuda ke Surabaya ?

  • Apakah mereka rela menukar liburan dengan tontonan tari reog ato tari pendet dibanding nonton CATS di Esplanade ?

  • Apakah mereka sempat menonton tari pendet ketika liburan di bali ? ataukah jadwal liburan di bali sudah penuh dengan jadwal shopping & clubbing ?

Pernahkah terbayang betapa mudahnya menjual tiket Beyonce yang harganya di atas ½ juta rupiah dibandingkan dengan menjual Tiket Tari Pendet ?

Sewaktu nulis ini, seorang teman menyapa dan nanya “lagi nulis apa ? “
gue : “nulis tentang malaysia yang klaim tari pendet”
dia : “Malaysia aneh yah, BT deh, ngaku2x aja”
gue “pernah nonton tari pendet?”
dia : “pernah, di TV”
gue “pernah ke bali?”
dia : “pernah”
gue : “terus kalo ke bali ngapain ? shopping, clubbing ? “
dia : “shopping”
gue : “gak pernah nonton tari pendet langsung di bali?”
dan dia diem cukup lama ...

hauhauuaa... percakapan di atas gue yakin bakal berulang ke beberapa temen.

gue sebenernya cuman ketawa dengan orang2x yang mengutuk malaysia yang mengklaim kebudayaan kita dan tidak pernah peduli dengan kebudayaannya sendiri. Nonton aja nggak pernah, libur aja milih ke singapore, kalo ke bali juga milih shopping, n lebih rela ngeluarin duit yang jauh lebih banyak untuk nonton Beyonce, dll dari pada nonton tari pendet. Terus kok ya bisa sewot ketika orang lain mengklaim tari pendet.. hehehehe

lagi2x gue nggak bermaksud menyalahkan siapapun, ataupun membela sesuatu. Cuman ketika kita berkata, ataupun bertindak, sudahkah kelakuan kita mencerminkannya ?
(pic taken from http://asiaaudiovisualrb09noorhidayah.wordpress.com/2009/06/15/7-tari-pendet-dari-kota-bali/)

2 komentar:

  1. syukur alhamdulillah gw uda pernah nonton tari pendek. tari kecak, reog ponorogo live, langsung didepan mata gw, dan kalo mau jujur banyak kok org Indonesia yang masih ntn pertunjukan kebudayaan kaya gini, mgkn elo kebetulan aja nanya ama org yg ga pernah nonton, dan elonya juga sih ga mau nonton, mbok ya kalau ke daerah ditonton juga pertujukan aslinya seperti lompat batu di pulau nias atau tari salman di aceh...pasti belum n ga kepikiran mau ntn itu kan???

    BalasHapus
  2. gak nonton lompat batu, karena event itu emang harus diminta khusus. dalam artian nggak setiap saat ada pertunjukan itu. n gue cuman sendiri, jadi gak mungkin kan minta ngadain lompat batu hanya utk gue.
    kalo aceh, kebetulan cuman lewat doang di bandanya, jadi nggak sempet. hehehehe

    BalasHapus